Converse

olehilhamark Diterbitkan 21 July 2013

Converse


CONVERSE



“Ton!”



“Eh, lo udah dateng Ben. Sini duduk dulu, macet nggak?”



“Lumayan, tadi di sekitaran Sudirman doang.”



“Rokok?”



“Ogah, gue nggak demen rokok garpit. Nggak level.”



“Bangke, udah sukur gue tawarin. Ya udah deh pesen minum dulu gih. Mbak sini bentar mbak, kita mau pesen lagi. Mau pesen apa lo Ben?”



Ice Cafe Latte satu ya mbak. Sama apa ya? Agak lapar nih gue. Oh, Onion Rings aja deh mbak.”



Guinessnya satu lagi sekalian mbak. Lo gak mau Ben? Yakin?”



“Gue lagi istirahatin liver gue, hahaha. Sini pinjem koreknya, untung rokok gue masih nyisa satu batang.”



“Pake Mild sekarang?”



“Tadi siang ada SPG datang ke kantor. Si Bang Hendri gak kuat iman liat rok mininya. Dua box dia borong coba. Abis itu dia bagi-bagiin ke kita.”



“Hahahaha. Udah tua masih ganjen aja dia.”



“Jadi, ada urusan apa lo manggil gue malem-malem ke sini Ton?”



“Buset dah, nggak mau basa basi dulu nih?”



“Gue abis ini mau meeting lagi sama E.O. Makannya kan gue bilang kita ketemuannya di hotel kalian aja, gak usah jauh-jauh ke kafe gini. Ada apaan sih?”



“Gue gak enak kalo di hotel Ton, entar yang lain liat. Emang masih ada urusan apa sama E.O.?”  



“Heh, lo kira gampang apa nyiapin tur band? Kalian ini baru beken dikit aja udah macem-macem maunya. Apalagi itu si Janu, gue mesti bolak-balik ngebujuk Pak Rudi biar ngizinin dia masuk ke panggung pake cara turun dari helikopter. Edan!”



“Hahaha, sorry-sorry. Ya lo tau sendiri kan dia emang nyentrik. Kita sih cuman nurutin maunya dia aja.”



“Ya nyentrik juga kira-kira kali.”



“Ya tapi kan Pak Rudi udah setuju Ton, gak usah digede-gedein ah, cemen amat.”



“Sialan.”



Anyway, itu juga yang mau gue omongin Ben, soal si Janu.”



“Jangan bilang lo ada masalah ama dia? Gila! Tinggal satu minggu sampai tur keliling Indonesia, masa lo malah ada masalah internal sih?”



“Santai Ben, gue nggak berantem sama dia kok. Cuman lagi kepikiran sesuatu aja.”



“Gue kira kalian berantem. Kepikiran apaan?”



“Tapi lo jangan berisik ke anggota yang lain ya. Gue belum cerita ke siapa-siapa soalnya. Eh bentar, makanan lo dateng tuh.”



“Makasih mbak, mayonaisenya minta satu lagi ya? Terus gimana Ton?”



“Ya lo janji dulu gak bakalan cerita-cerita.”



“Lebay ah lo.”



“Janji dulu!”



“Iya iya gue janji. Apa perlu gue sumpah pocong juga?”



“Kampret lo.”



“Ya udah cepetan cerita, udah malem nih.”



“Lagak lo Ben, liat-liat jam mulu kayak anak perawan kena jam malem. Hahaha.”



“Lo niat cerita gak sih?”



“Sabaaar. Jadi gini, gue sekarang lagi khawatir sama kondisi band ini.”



“Khawatir gimana? Lo pada sekarang kan lagi naek ke puncak, lancar lagi.”



“Ya itu dia. Lo tau sendiri kan semuanya berkat siapa?”



“Berkat usaha kalian semua lah. Eh, berkat gue ding. Kalo bukan gue manajernya, kalian semua udah pada pensiun dini kayaknya.”   



“Narsis lo. Tapi beneran Ben, gue nggak mau munafik, gue tau banget kita bisa lancar selama ini gara-gara si Janu.”



“Maksudnya?”



“Ya semenjak si Janu gantiin Alex jadi vokalis. Nama band kita jadi melambung banget. Padahal konsep band masih sama kayak dulu waktu si Alex yang pegang vokal.”



“Bagus dong. Gue juga mau jadi manajer kalian kan gara-gara liat prospek kalian bagus, konsisten dan gak terlalu mainstream. Terus masalahnya apa?”



“Ya gue agak khawatir kalau Band kita tuh cuman jual tampang si Janu doang. Gue akhir-akhir ini jadi makin sering mikir gimana jadinya band ini kalau si Janu tiba-tiba mutusin keluar. Apa kita bakal langsung jatuh? Bisa nggak kita survive dan naik lagi? Gue nggak yakin ada berapa banyak fans kita diluar sana yang bener-bener suka musik kita, dibandingin mukanya Janu.”



“Oooh soal ini toh. Lo ternyata paranoid juga ya.”



“Gue cuman berusaha mikir realistis Ben.”



“Eh tapi bener juga ya. Kalau gue pikir-pikir lagi, muka si Janu nonjol sendirian di band ini. Yang lainnya pas-pasan.”



“Bangke!”



“Hahahaha, becanda Ton. Ya tapi emang sih muka dia di atas rata-rata. Pas polling vokalis di majalah Rolling Stones kemaren juga dia dapet peringkat kedua. Beda-beda tipis sama Ariel.”



“Nah kan. sosok dia tuh emang dominan banget.”



“Semua band juga gitu kali, yang paling pertama diliat biasanya vokalis.”



“Eh elu ada nggak sih pas kita manggung di Orchid?”



“Gue belum gabung kayaknya. Kapan tuh?”



“2008 apa 2009 kalo gak salah, gue udah lupa. Yang jelas sehari sebelum manggung si Janu ngajakin kita semua ke mall. Terus dia nantangin kita semua gitu.”



“Nantangin apa? Eh sorry ya gue sambil makan. Anjir Onion Ringsnya enak gini. Mau coba?”



“Nggak, kenyang gue.”



“Terus?”



“Jadi ceritanya dia nantangin kita semua buat jalan di lorong mall sambil natap mata tiap cewek yang lewat. Tiap kali cewek itu natap balik kita dapet satu poin, kalau kita dikasih senyum dapet bonus dua poin. Kita lomba banyak-banyakan poin. Syaratnya satu, kita semua gak boleh ngomong sepatah katapun.”



“Widiiih, gaya bener. Gue udah gak perlu nanya kali ya siapa yang menangnya?”



“Ya udah jelaslah. Kita semua K.O. langsung.”



Anyway, lo dapet berapa poin.”



“.....”



“Jawab kampret.”



“Tiga.”



“Lah itu lumayan, ada tiga cewek.”



“Satu cewek Ben, dia natap balik terus senyum ke arah gue.”



“Terus lo ajak kenalan?”



“Nggak. Abis itu si ceweknya yang dateng, dia nawarin kopi.”



“Bah, maksudnya yang ngedatengin lo itu SPG kopi?”



“Yap.”



“Malang bener nasib lo Ton.”



“Berisik. Yang penting kan sekarang gue udah punya pacar.”



“Lah kan lo baru diputusin minggu kemaren.”



“Bangke! Iya-in aja kenapa sih?”



“Hahahaha, santai sob.”



“Menurut lo gimana Ben? Gue cuman paranoid?”



“Gini deh, biar gue jelasin. Gue tau yang sebenernya terjadi. Gue bilang sih Lo agak ngiri soalnya si Janu banyak fansnya.”



“Nggak gitu juga Ben.”



“Gak usah ngeles, udah kebaca. That’s the ugly truth. Menurut gue sih wajar aja kalau lo ngerasa gitu. Sebagai satu-satunya personil band yang duduk dan ngumpet di belakang sambil ngeliatin semua personil lainnya, lo butuh pengakuan lebih.”



“....”



“Dan menurut gue itu sangat wajar Ton. Tapi ya lo harus sadar, kalau diluar sana juga banyak orang yang ngefans banget sama permainan drum lo. Lo tuh terkenal Ton!”



“Ya gimana ya, kayaknya ada benernya sih.”



“Gini deh, lo gak usah terlalu khawatir Ton. Lo liat puluhan tahun dari sekarang, wajah si Janu bakal keriput kayak kakek-kakek. Dia gak akan seganteng sekarang, dan udah pasti fans yang suka dia karena mukanya pada kabur dan cari idola berwajah ganteng lainnya. Gak akan ada lagi yang ngefans dia. Di lain pihak, gue tau banget skill drum lo itu nomor wahid. Puluhan tahun dari sekarang semua fans yang suka sama permainan drum lo bakal tetep setia, mereka gak bakalan kabur. Karena apa? Karena yang mereka suka tuh permainan drum lo, skill, bukan muka. Yakin deh gue.”



“Gue gak kepikiran sampai sana Ben.”



“Lo santai aja, si Janu tuh kalo dikasih muka jelek palingan cuman jadi tukang tambal ban doang.”



“Hahaha, serius lo?”



“Ya kagak lah! Gila apa lo. Suara si Janu tuh bagus banget tau. Kalau dia ditakdirin nggak dapet muka kayak Keanu Reeves gitu juga gue yakin dia bakal tetep terkenal. Suaranya itu bisa bikin para cewek klepek-klepek sampai pingsan!”



“Tai lo Ben. Gue kira lo serius.”



“Hahaha. Maksud gue gini loh. Hidup tuh nggak pernah adil Ton, selalu ada orang kayak si Janu. Gak akan ada habisnya kalau kita terus-terusan ngeluhin kelebihan orang lain dibanding kita, cuma bikin kita galau.“



“Maksud gue gini Ben..”



“Diem nyet, gue lagi ngomong. Sampai mana tadi? Oh iya. Gue nggak tau gimana muka sama suara si Janu bertahun-tahun lagi. Bisa tambah cakep kaya Robert Downey Jr. bisa juga tambah jelek. gue nggak perduli. Gue masih punya masalah-masalah yang lebih penting buat gue urusin. Dan lo pun seharusnya gitu Ton. Daripada lo ngabisin waktu mikirin gimana caranya dapet apa yang lo gak punya, mending lo manfaatin waktu lo buat maksimalin apa yang lo punya. Coba lo pikirin lagi deh.”



“Bener juga ya.”



“Bener gimana?”



“Yaa, gue gak seharusnya ngiri sama dia. Kalau dia punya sesuatu yang gue gak punya, gue juga pasti punya sesuatu yang dia gak punya. Dan kalau dia santai aja, kenapa mesti gue yang khawatir? Pinter juga lo Ben.”



“Nah, itu lo ngerti. Udah, daripada kesel mikirin kegantengan si Janu, mending lo latihan lagi sana. Eh, gue mesti cabut nih.”



“Buru-buru amat.”



“Setengah jam lagi meetingnya mulai.”



“Aah, basi lo.”



“Eh monyong, ini gue lagi kerja buat band kalian. Lo beneran belom ada gebetan lagi kan Ben? Besok gue kenalin ama salah satu talent baru di agensi deh.”



“Alaaah, palingan cowok. Nggak mau gue.”



“Beneran? Cewek loh, cakep pula.”



“Eh serius?”



“Iye, ntar deh gue kasih pinnya, BB gue tadi ketinggalan di kamar. Sekalian ketemuan buat sarapan juga boleh, kita atur aja.”



“Tapi lo jangan berisik sama si Janu ya? Ntar malah dia yang embat.”



“Nah kan, lo masih aja mikirin dia. Oke, gue cabut dulu kalau gitu Ton. Lo bayarin ya billnya? Ini Onion Ringsnya gue bawa ya buat di mobil.”



“Sip, Thanks ya Ben.”



Anytime bro.


Baca Juga

a Letter for My Angel

oleh: wynda moryna

Jika ada yang bertanya siapakah orang yang sangat berarti dalam hidupku, tanpa keraguan aku akan men....

  • 383
  • 4
  • 2
  • 0
  • Biografi

Bisikan Halus

oleh: Hotma D.L. Tobing

Mendesak dalam sesak

  • 254
  • 0
  • 0
  • 0
  • Lainnya

Perempuan Di Bawah Lampu Penerangan Jalan

oleh: Ersa

Keisengan seringkali menimbulkan petaka.

  • 346
  • 1
  • 1
  • 0
  • Fiksi Kilat
Karya Lainnya dari ilhamark

Bioskop

oleh: ilham A.R.

Aku melihat kita di dalam layar lebar

  • 577
  • 2
  • 4
  • 0
  • Puisi

Hadiah

oleh: ilham A.R.

Synopsis is not available

  • 483
  • 4
  • 1
  • 0
  • Cerita Pendek

Sense

oleh: ilham A.R.

Petualangan dua anak SMA dalam memecahkan misteri di sekolah mereka.

  • 7862
  • 14
  • 16
  • 0
  • Novel