Blog

Tips Mengomentari Tulisan

Diterbitkan 7 October 2016

Dalam dunia tulis-menulis, memberikan komentar terhadap tulisan seseorang adalah salah satu hal yang sangat diperlukan. Selain sebagai bentuk apresiasi, komentar juga bisa membuat seseorang menjadi terus semangat menulis.

Kamu pasti senang dong jika tulisanmu dikomentari, meskipun mungkin hanya sebatas kalimat “Wah, bagus!”, “Ceritamu keren.”, “Tulisanmu cakep, ih.”, dan lain sebagainya.

Setiap manusia butuh pengakuan, termasuk penulis. Dengan adanya komentar, itu tandanya tulisan kamu ada yang membaca. Sedih banget dong kalau sudah capek-capek menulis eh enggak ada yang membaca. Iya, kan?

Selain itu, komentar juga bisa dijadikan sebagai alat pembelajaran bagi seorang penulis untuk memperbaiki karyanya. Tanpa adanya komentar, tentu kamu tidak akan pernah tahu apa kelebihan dan kekurangan tulisanmu.

Komentar bukan hanya berbentuk puja-puji. Ada juga ada yang berbentuk masukan dan kritik. Jika tulisanmu dikritik, kamu jangan baper. Biar bagaimana pun, masukan dan kritik itu kamu butuhkan untuk karier kepenulisanmu. Lagi pula, lebih baik dikritik daripada dicuekin. Iya, enggak?

Namun, ternyata memberikan komentar itu memang tidak semudah mencukur kumis. Ada beberapa orang yang tidak tahu dari mana dia mesti berkomentar, akhirnya dia hanya mengklik tombol “like” tanpa membubuhkan komentar apa-apa. Padahal dia kepingin banget berkomentar.

Untuk mengatasi hal itu, di sini kami hadirkan beberapa tips untuk memberikan komentar.

 

Tips Mengomentari Tulisan 1: Baca Baik-Baik

Sebelum berkomentar, alangkah asyiknya kamu baca baik-baik dulu tulisan yang ingin kamu komentari. Baca baik-baik di sini artinya kamu membaca tulisan itu dengan teliti. Kata demi kata, kalimat demi kalimat, paragraf demi paragraf, kamu perhatikan betul. Biasanya, dengan cara membaca seperti itu, kamu akan menemukan hal-hal yang  layak dikomentari. Entah itu kata yang tidak tepat, kalimat yang tidak efektif, dan paragraf yang tidak tersusun dengan baik.

 

Tips Mengomentari Tulisan 2: Pahami Unsur-Unsur yang Terdapat dalam Tulisan

Setiap tulisan pasti tersusun dari beberapa unsur. Misalnya prosa, baik cerpen atau novel, kamu harus pahami dulu unsur-unsur apa saja yang terdapat dalam prosa. Unsur-unsur yang terdapat dalam prosa itu adalah karakter, plot, tema, latar, sudut pandang, dan konflik. Setelah memahami unsur-unsur itu, tentu kamu akan mudah mengomentari tulisan yang sedang kamu baca. Apakah karakternya sudah terlihat nyata, atau tampak seperti mengada-ada? Bagaimana dengan plotnya? Sudah oke atau belum? Latarnya sudah tergarap dengan baik atau malah buruk? Konfliknya bagaimana? Kira-kira begitu.

(Baca juga: Elemen-Elemen Penting dalam Novel dan 4 Elemen Penting dalam Cerpen)

 

Tips Mengomentari Tulisan 3: Jangan Fokus dengan Salah Ketik

Jika kita ingin mengomentari sebuah tulisan, jangan fokus mencari kata yang salah ketik. Kesalahan penulisan kata atau tanda baca itu cuma kesalahan minor yang tidak terlalu signifikan untuk dikomentari. Biarkan saja penulisan kata “di” yang preposisi dengan kata “di” yang untuk kata kerja itu tertukar. Jangan fokus di sana. Apalagi jika hanya mengomentari kata yang slaah kteik spetri ini. Hal itu, sekali lagi, hanya kesalahan minor, yang bisa segera diperbaiki dengan cepat tanpa perlu mengerutkan kening.

 

Tips Mengomentari Tulisan 4: Fokus dengan Masalah Logika Cerita

Sefiksi apa pun cerita fiksi, logika cerita tetap harus terbangun dengan baik. Tidak peduli jika ceritanya itu adalah cerita surealisme yang ajaib dan imajinatif, logika cerita harus tetap terjaga. Tidak peduli jika si tokoh cerita menikahi seekor anjing dan melahirkan sebatang pohon oak, misalnya. Percaya deh, kesalahan yang paling sering dilakukan oleh penulis cerita itu kebanyakan masalah logika. Contoh logika cerita yang enggak beres itu seperti ini: seorang suami memutilasi istrinya hanya karena istrinya mandul. Lebay banget itu namanya.

(Baca juga: 5 Kesalahan Fatal Cerpenis Pemula dan Kesalahan yang Sering Terjadi dalam Penulisan Kreatif)

 

Tips Mengomentari Tulisan 5: Komentarlah dengan Jujur

Kejujuran adalah segala-galanya. Jangan pernah mengada-ada jika sedang mengomentari tulisan seseorang. Jika tulisannya bagus, bilang bagus. Tunjukkan kepadanya di mana bagian yang menurutmu bagus itu. Jika tulisannya kurang bagus, bilang kurang bagus. Tunjukkan kepadanya di mana bagian yang menurutmu kurang bagus itu. Jika tulisannya bagus tapi masih ada yang kurang, tunjukkan kepadanya di mana bagian yang menurutmu kurang itu. Jika tulisannya kurang bagus tapi sebenarnya bisa berpotensi untuk menjadi bagus, tunjukkan kepadanya di mana bagian yang menurutmu masih bisa berpotensi untuk bagus. Kira-kira begitu.

 

Sekian. Semoga mulai sekarang kamu sudah mampu memberikan komentar yang oke untuk tulisan teman-teman kamu.[]

Share this :