Blog

Tingkatkan Keterampilan Menulismu Lewat Puisi

Diterbitkan 9 September 2016

Dalam dunia penulisan, ada satu bentuk tulisan yang berbeda dari yang lain. Ia adalah puisi.

Salah satu perbedaannya adalah puisi tidak memiliki aturan ketat dalam penulisan kalimat, struktur paragraf, bahkan tata bahasa.

Dalam dunia puisi, kamu bisa membuang semua aturan tersebut keluar jendela.

Bukan berarti menulis puisi itu gampang. Bisa jadi menulis puisi itu jauh lebih sulit ketimbang menulis esai atau cerpen.

Namun, puisi dapat membuat keterampilan menulis kamu  menjadi lebih oke. Meskipun kamu tidak menyukai puisi karena sering kesulitan untuk memahaminya, tentu kamu sepakat bahwa keliaran sebuah puisi tetaplah memiliki keindahan yang bisa memberikan kenikmatan.

Mengapa puisi dapat meningkatkan keterampilan menulismu?

Bahasa, diksi, dan kosakata

Kosakata adalah hal terpenting yang harus dimiliki oleh seorang penyair. Setiap kata yang dituangkan dalam puisi adalah kata-kata yang sudah dipilih dengan sangat hati-hati demi menghasilkan respon mendalam di benak pembaca.

Dalam prosa, pembaca terhubung secara emosional lewat penggambaran karakter yang dibangun oleh pengarang. Sedangkan dalam puisi, pembaca terhubung secara emosional lewat pemilihan kata-kata yang disusun oleh penyair.

Dari puisi kamu akan belajar lebih banyak lagi tentang bagaimana menggunakan bahasa agar bisa membangkitkan emosi pembaca.

Itu sebabnya, sekali lagi, setiap kata yang ditulis dalam puisi itu bukanlah kata yang sembarangan. Ia dipilih dengan begitu hati-hati.

Musikalitas

Selain mementingkan bahasa dan kata-kata, setiap penyair juga mementingkan peran irama dalam setiap puisinya. Sebagaimana musik yang memiliki melodi, puisi pun seperti itu.

Itu sebabnya mengapa puisi kerap hadir dengan susunan kata akhir yang berima, tujuannya adalah agar mampu menciptakan efek musikalitas yang dapat dinikmati pembaca.

Dari puisi kamu akan lebih banyak belajar tentang irama dalam sebuah tulisan, irama yang akan membuat pembacamu merasa terhibur secara emosional.

Begitulah. Menulis adalah perkara tentang bagaimana menciptakan koneksi dengan pembaca, dan puisi akan membantu kamu untuk menciptakan koneksi tersebut melalui pilihan kosa kata dan irama.

Selamat membaca puisi. Selamat berlatih menulis![]

Share this :