Blog

Situs Penting untuk Penulis

Diterbitkan 21 August 2016

Setiap penulis, mau tidak mau, harus terus meningkatkan wawasannya. Semakin luas wawasannya, semakin luwes keterampilan menulisnya. Salah satu wawasan yang mesti penulis tingkatkan adalah wawasan soal kebahasaan.

Berikut adalah beberapa situs penting yang akan membuat wawasan kebahasaan seorang penulis meningkat.

Rubrik Bahasa

Situs ini memuat beragam artikel tentang bahasa Indonesia yang berasal dari berbagai media massa arus utama seperti Majalah Tempo, Kompas, Media Indonesia, Riau Pos, Intisari, Republika, Lampung Post, dan Pikiran Rakyat. Melalui situs ini kamu akan mendapatkan wawasan betapa bahasa Indonesia itu, seperti bahasa pada umumnya, adalah makhluk yang sangat dinamis. Gejala-gejala yang terjadi dalam bahasa Indonesia akan dikupas sedemikian rupa sesuai dengan sudut pandang sang penulis. Karena disajikan dalam bentuk esai, setiap pembahasan terasa begitu segar dan menarik untuk disimak.

Bahtera

Jika kamu ingin mengetahui lebih banyak tentang seluk beluk penerjemahan, situs Bahtera ini sangat asyik untuk kamu kunjungi. Bahtera adalah milis untuk diskusi soal bahasa Indonesia dan penerjemahan bahasa Indonesia yang berdiri sejak 3 Juli 1997 dan beranggotakan kurang lebih 2000 anggota.

Ivan Lanin

Bagi para pencinta bahasa Indonesia, tentu sudah tidak asing lagi dengan nama Ivan Lanin. Ia adalah seorang wikipediawan yang sangat peduli dengan bahasa Indonesia. Segala hal yang berkaitan dengan bahasa sering ia bahas di situs pribadinya. Ia juga sering menawarkan usulan kata dalam bahasa Indonesia untuk menggantikan kata yang berasal dari bahasa asing yang sering kita gunakan. Mengunjungi situs pribadi Ivan Lanin akan membuat kita semakin mencintai bahasa Indonesia.

Asal Kata

Alif Danya Munsyi alias Remmy Silado pernah berkata dalam judul bukunya bahwa 9 dari 10 kata bahasa Indonesia adalah asing. Ya, kebanyakan kata yang kita gunakan adalah merupakan kata serapan yang berasal dari bahasa asing. Seperti kata "alkohol" yang ternyata berasal dari kata bahasa Arab "al-kuhuul", misalnya. Jika kita kepingin tahu asal sebuah kata, situs ini cocok untuk menjawab rasa penasaran kita. Bukan hanya dari bahasa asing, tapi juga dari bahasa daerah dan sansekerta. Asyik juga mencari tahu dari mana asal sebuah kata yang sering kita gunakan sehari-hari.

Demikianlah daftar situs yang bisa kami hadirkan kepada kamu. Jika kamu mengetahui alamat situs yang oke untuk meningkatkan wawasan kita soal kebahasaan, silakan beri tahu kami lewat kolom komentar, nanti akan kami perbarui daftar di atas. Terima kasih.[]

Share this :