Blog

Elemen-Elemen Penting dalam Novel

Diterbitkan 13 April 2016

Setiap prosa, termasuk novel, dibangun oleh beberapa elemen atau unsur yang bisa dibilang cukup penting. Hilangnya salah satu dari elemen itu, bisa dipastikan novel itu akan cacat.

Setiap penulis yang kepingin menulis novel sudah semestinya mengetahui elemen-elemen penting itu. Fungsinya adalah agar penulis itu bisa membuat novel dengan baik.

Apa sajakah elemen-elemen penting yang terdapat dalam novel? Di bawah ini akan kami sajikan semua elemen penting itu khusus untuk kamu seorang.

Elemen novel: Karakter

Karakter adalah orang-orang khayalan yang kamu ciptakan untuk karya fiksi kamu. Setiap novel harus memiliki karakter, baik karakter itu berwujud manusia, hewan, monster, robot, atau apa pun yang kamu mau. Pokoknya harus ada karakter. Titik.

Karakter utama atau tokoh utama dalam cerita kamu biasa disebut sebagai protagonis.

(baca juga: 10 Elemen Penting untuk Menciptakan Karakter Fiksi dan Cara Menciptakan Konflik dan Plot dari Karakter)

Elemen novel: Plot

Plot adalah jalinan peristiwa yang terjadi di dalam karya fiksi kamu. Sebuah jalinan kausalitas yang menghubungkan antara peristiwa yang satu dengan peristiwa yang berikutnya. Plot juga bisa dibilang sebagai peta jalan yang bisa kamu andalkan untuk membuat cerita fiksimu berjalan dari kejadian A ke kejadian B.

(baca juga: Apa itu Plot?)

Elemen novel: Latar

Latar adalah tempat di mana kejadian dalam novel kamu berlangsung dan waktu kapan kejadian itu terjadi. Latar tempat dalam novel kamu mungkin bisa di dalam kamar, hutan, medan perang, pesawat terbang, dan sebagainya.

Kegunaan latar:

- Bisa menciptakan suasana dalam novel kamu, membantu pembacamu membayangkan adegan demi adegan cerita kamu.

- Bisa menyampaikan tentang karakter utama kamu. Jika ingin menggambarkan karakter utama kamu sebagai orang yang yang kacau, kamu bisa menggambarkan kamarnya yang berantakan.

Elemen novel: Sudut Pandang

Sudut pandang adalah perspektif yang kamu gunakan untuk menceritakan cerita kamu. Jika novel kamu adalah sebuah film, sudut pandang adalah lensa kamera yang menyorot perjalanan film kamu.

Ragam sudut pandang secara umum:

-Sudut pandang orang pertama: Narator biasanya menggunakan kata "Aku" atau "Saya".

-Sudut pandang orang ketiga: Narator biasanya menggunakan kata "Dia" atau "Ia".

Elemen novel: Dialog

Dialog adalah percakapan yang dilakukan oleh karakter-karakter kamu di dalam novel. Dialog adalah kalimat langsung yang biasanya diawali dengan tanda petik ("). Contohnya: "Jangan bicara macam-macam!" kata Ilham kepada Abi.

(baca juga: 10 Cara Membuat Dialog yang Oke Punya!)

Oke, sekian artikel ini kami tulis. Semoga bisa menambah wawasan kita bersama.[]

Share this :