Blog

5 Langkah Unik Hadapi Writer's Block

Diterbitkan 18 August 2016

Kebanyakan penulis tentu pernah berlaku seperti ini: duduk sambil menatap layar putih Microsoft Word, bengong seperti orang linglung, menunggu kata-kata bermunculan, menanti inspirasi hadir secara utuh, tapi hingga waktu yang cukup lama tak ada satu pun cerita yang lahir.

Frustasi? Tentu saja.

Lalu, apa yang mesti penulis lakukan? Bagi para penulis pemula, kamu bisa menjalani langkah-langkah di bawah ini. Satu hal yang harus kamu renungkan adalah, menatap layar kosong sambil menanti inspirasi hadir itu akan terasa lebih susah dan membuat dirimu tegang. Triknya adalah kamu harus memberi jarak dahulu dari kegiatan menulis untuk sementara waktu demi mendapatkan energi kreatif yang akan menghampirimu kemudian.

Berikut beberapa langkah untuk menghadapi writer's block.

Olahraga. Lakukan olahraga rutin setiap hari. Olahraga ringan saja, seperti lari keliling kompleks, meregangkan beberapa anggota tubuh, senam ringan di dalam rumah, dan lain sebagainya. Percayalah, olahraga akan memperlancar aliran darah, dan ketika darah mengalir lancar ke otak, kamu akan menjadi lebih produktif dan lebih mudah mendapatkan inspirasi.

Melakukan pekerjaan rumah. Saatnya untuk mencuci piring yang sudah menumpuk, menjemur pakaian, membersihkan debu-debu yang menempel di rak buku, menyapu lantai, dan lain sebagainya. Melakukan pekerjaan rumah akan membuat tubuhmu bergerak dan pikiranmu akan menjadi fokus.

Bersosialisasi. Untuk sementara waktu berhentilah menjadi manusia kamar. Temui orang-orang. Antre di loket pembayaran listrik, mendatangi loper koran, menyapa tukang sampah yang sedang bekerja, atau mengantar ibu ke pasar. Kamu akan terkejut ketika sampai di kamar kamu akan mendapatkan ide untuk menulis. Mungkin kamu juga perlu menemui teman-temanmu yang sesama penulis dan mulailah untuk berbagi tips menulis satu sama lain.

Bercengkerama dengan hewan peliharaan. Melihat keong memakan potongan mentimun itu menyenangkan. Atau, kamu pergi ke tempat yang memiliki sepetak tanah, korek tanah itu dengan kayu, ambil beberapa cacing-cacing kecil, dan beri makan ikan cupangmu. Jika kamu tidak memiliki hewan peliharaan, kamu harus berpikir untuk memilikinya sekarang. Menghabiskan waktu bersama hewan peliharaan telah terbukti secara ilmiah dapat memberikan kesehatan dan relaksasi bagi jiwamu. Jiwa yang tenang akan mudah mendapatkan inspirasi.

Kontemplasi. Kontemplasi adalah sebuah kegiatan merenung yang menghadirkan pikiran secara penuh. Kontemplasi memiliki beberapa manfaat, yaitu mampu membuat kita fokus, menjernihkan pikiran, dan meminimalisir stres. Berkontemplasi dalam waktu singkat sepuluh atau lima belas menit akan membuat pikiranmu tenang dan inspirasi akan datang kepadamu dalam waktu singkat!

Sekian. Mudah-mudahan kamu bisa menjalani semua hal di atas. Kalau pun tidak bisa semua, setidaknya beberapa di antaranya harus bisa kamu lakukan. Setelah itu, ketika kamu menulis, hantu writer's block tidak akan lagi menghantuimu.[]

Share this :