Blog

5 Alasan Mengapa Menulis Cerpen Itu Gampang

Diterbitkan 11 April 2016

Menulis cerpen itu gampang. Kamu hanya perlu sedikit karakter, sedikit latar, dan sedikit konflik. Selain itu, kamu juga tidak perlu membutuhkan banyak halaman untuk menulis sebuah cerpen.

Jika kamu tidak percaya, di bawah ini akan kami hadirkan 5 alasan mengapa menulis cerpen itu gampang. Apakah kamu siap? Oke, mari kita mulai!

1. Kamu hanya butuh 1-2 karakter utama

Tidak seperti novel yang membutuhkan banyak karakter untuk mendukung cerita, dalam cerpen kamu hanya perlu 1-2 karakter saja. Mengapa cerpen hanya membutuhkan sedikit karakter? Karena, ruang cerpen itu sempit. Kamu tidak akan punya cukup ruang jika diisi dengan banyak karakter. Semakin sedikit karakter akan membuat kamu semakin fokus untuk mengeksplorasi karakter tersebut.

2. Kamu hanya butuh 1 latar tempat

Ya, cerpen hanya membutuhkan 1 latar tempat. Tidak lebih. Misal, di dalam gerbong kereta api, di halte, di kamar, dan lain-lain. Kalau kamu menulis banyak latar tempat dalam satu cerpen, hal itu akan membuat cerpenmu tidak fokus.

3. Kamu hanya butuh 1 latar waktu

Serupa dengan latar tempat, di cerpen kamu juga hanya butuh 1 latar waktu. Apakah kejadian itu berlangsung pada pagi hari, siang hari, sore hari, atau malam hari.

4. Kamu hanya butuh 1 konflik

Kita sepakat bahwa setiap cerita yang menarik pasti selalu memiliki konflik. Tidak perlu konflik yang berat-berat, konflik yang terlihat sederhana pun bisa membuat ceritamu menarik. Nah, dalam cerpen kamu hanya butuh 1 konflik. Kalau banyak konflik, sekali lagi, cerpenmu tidak akan fokus.

5. Kamu hanya butuh sedikit halaman

Hal ini tidak bisa dimungkiri. Tidak seperti novel yang butuh beratus-ratus halaman, dalam cerpen kamu hanya butuh 5-6 halaman kertas. Semakin sedikit halaman, semakin mudah, bukan?

Sekian. Mudah-mudahan 5 alasan di atas akan membuatmu semakin terpacu dalam membuat cerpen. Aamiin.

NB: Sst. Sebenarnya ada satu alasan yang membuat aktivitas menulis cerpen itu susah: imajinasi! :p Jadi, setelah kamu memiliki semua elemen penting dalam cerpen (karakter, latar, konflik), kamu harus melatih imajinasimu. Kami yakin kamu pasti bisa.[]

Share this :