Blog

10 Trik Mendapatkan Inspirasi

Diterbitkan 8 August 2016

Kamu tahu kamu ingin menulis, tapi kamu enggak tahu bagaimana cara memulainya.

Kamu hanya duduk saja seperti orang bodoh sambil menatap halaman kosong dalam waktu yang cukup lama.

Akhirnya kamu mulai berpikir bahwa kamu enggak bakat jadi penulis dan mulai berniat untuk menjadi tukang ojek saja.

Jangan, kamu jangan menyerah dulu.

Sebenarnya kamu hanya membutuhkan trigger atau pemicu saja. Tidak lebih. Jika kamu sudah mendapatkan pemicunya, dijamin kamu akan mudah untuk memulai tulisanmu.

Pemicunya adalah inspirasi. Ya, kamu hanya membutuhkan inspirasi.

Berikut adalah 10 trik sederhana untuk mendapatkan inspirasi menulis.

1. Baca buku

Mungkin ini terdengar klise, tapi kenyataannya memang begitu. Membaca buku dapat memberikan inspirasi. Buku apa yang mesti dibaca? Sebenarnya buku apa saja bisa, tapi lebih asyik bacalah buku yang ditulis oleh pengarang kesukaanmu. Baca sebanyak-banyaknya. Tandai kalimat-kalimat yang kamu anggap bagus dan bertenaga, perhatikan bagaimana tokoh-tokoh dalam buku itu berdialog, pelajari semuanya sampai kamu mendapatkan inspirasi dan semangat untuk memulai tulisanmu sendiri.

2.Berpikir beda

Sesekali berpikirlah dengan cara yang berbeda. Misalnya, apa yang akan terjadi jika manusia tidak lagi merasakan lapar dan haus? Apakah manusia perlu bekerja lagi? Kalau sudah tidak perlu lagi, apa yang akan manusia lakukan? Menjadi melarat bukanlah sebuah perkara, karena toh mereka sudah tidak butuh makan dan minum lagi. Uang tiba-tiba saja kehilangan perannya. Dan seterusnya dan seterusnya. Sekali lagi, cobalah berpikir beda.

3. Bermain kata

Terkadang permainan kata juga bisa memberikanmu inspirasi. Ambil koran atau majalah di dekatmu, buka halamannya secara acak, lingkari 3-5 kata yang kamu sukai. Setelah itu, cobalah menulis sebuah cerita dari kata-kata pilihanmu itu.

4. Kisah-kisah Nabi

Sejak kecil kita tentu sering mendengar kisah tentang kehebatan para nabi. Kita sering terpukau dengan kisah Nabi Musa yang membelah lautan, Nabi Yunus yang dimakan ikan paus, Nabi Nuh yang membuat kapal raksasa, dan lain-lain. Baca kembali kisah-kisah hebat itu dan gapailah inspirasimu di sana. Bagaimana kalau ternyata ikan paus itu masih hidup sampai sekarang? 

5. Lihat Google image

Buka Google image, ketik "street photography", dan kamu akan menemukan banyak sekali foto-foto berkualitas jempolan yang memiliki nilai seni tinggi. Banyak foto-foto yang bisa kamu kembangkan menjadi cerita. Jika kamu tidak percaya, silakan kamu coba sekarang.

6. Perhatikan sekelilingmu

Seorang penulis yang baik adalah seorang pengamat yang baik. Pergilah ke tempat-tempat umum yang ramai dikunjungi orang-orang. Perhatikan orang-orang di sekelilingmu. Apa yang sedang dipikirkan mereka? Mengapa mereka pergi ke tempat ini? Mengapa lelaki itu kelihatan begitu letih? Apa yang sedang dibaca oleh perempuan itu lewat ponsel pintarnya? Mengapa sekumpulan remaja itu tertawa-tawa begitu keras? Apa yang sedang mereka bicarakan?  

7. Lakukan sesuatu yang belum pernah kamu lakukan

Jika kamu tidak pernah lari malam, cobalah kamu lakukan hal itu. Pakai sepatu terbaikmu dan mulailah berlari sejauh yang kamu mampu. Jika kamu belum pernah naik bus Transjakarta, sesekali bolehlah kamu coba menaikinya. Jika kamu belum pernah makan di restoran mewah, menabunglah dan cobalah makan di sana ketika uangmu sudah banyak. Setelah itu, apa yang kamu rasakan? Apakah pengalaman barumu itu memberikan kamu sesuatu? 

8. Nonton film

Banyak film bagus dari waktu ke waktu. Cobalah untuk menonton 1-2 film yang menurutmu bagus. Terkadang ada sesuatu yang menarik di sana. Sesuatu yang menarik tentu saja akan memberikanmu inspirasi, bukan?

9. Ingat masalalu

Sesuatu yang terlewat biasanya menjadi kenangan yang tidak mudah untuk menghilang. Ingatlah kembali masa-masa yang telah terlewat. Entah itu kenangan manis atau kenangan pahit, cobalah ingat-ingat kembali. Siapa tahu saja kamu memiliki masa lalu yang menarik untuk diceritakan.

10. Matikan komputermu dan tidurlah

Mungkin yang kamu butuhkan sebenarnya bukanlah inspirasi. Barangkali kamu hanya letih saja. Jadi, mematikan komputer dan tertidur adalah jawaban yang tepat.

Sekian.[]

Share this :